Senin, 08 Desember 2008

Format Baru MS Office 2007

Format file Microsoft Office 2007 berbasis XML, yang dinamakan Microsoft Office Open XML dan diterapkan untuk Office Word 2007, Office Excel 2007 dan Office PowerPoint 2007. Apa saja sih keuntungan format baru ini?

*

File yang ringkas. Secara otomatis, dokumen Office 2007 akan dimampatkan hingga 75 persen menggunakan teknologi ZIP seperti halnya WinZip, walaupun Anda tidak perlu menggunakan program ZIP eksternal untuk membuka dan menyimpan dokumen. File yang ringkas akan membantu Anda menghemat ruang harddisk, juga mempercepat proses pengiriman dokumen via email ataupun jaringan lokal.
*

Menyelamatkan lebih baik file yang rusak. Soalnya komponen data suatu dokumen dibuat terpisah satu sama lain, sehingga kerusakan pada satu bagian tidak mempengaruhi bagian dokumen lain. Jadi Anda tetap dapat membuka file dokumen walaupun salah satu bagiannya –misal tabel atau grafik— rusak.
*

Dokumen yang berisi makro gampang dikenali, soalnya ekstensi filenya berbeda, ada huruf “m” di belakangnya, jadi *.docm untuk file Word, *.xlsm untuk file Excel dan *.pptm untuk file PowerPoint.
*

Informasi rahasia dan sensitif pada dokumen dapat disembunyikan menggunakan Document Inspector.
*

Dokumen Office 2007 dapat dibuka dan diedit oleh siapa saja tanpa harus menggunakan program Microsoft Office 2007. Kok bisa? Ya, Anda hanya perlu utiliti ZIP (seperti WinZip) dan XML Editor, syaratnya Anda harus mengerti bahasa pemrograman XML.

Bila Anda masih memerlukan format file Word 2003 atau sebelumnya, jangan khawatir, Anda tinggal memilih jenis file “Word 97-2003 Document (*.doc).